Konsep Diri ; Suatu Perenungan "Siapa Aku???"

Nabi S.A.W bersabda dalam hadits qudsi :
"Sesungguhnya Allah berfirman: "Aku sebagaimana prasangka hambaku kepada-Ku. Aku bersamanya jika ia berdoa kepada-Ku."[HR.Turmudzi]

Dalam KBBI, Konsep berarti gambaran, proses atau hal-hal yang digunakan oleh akal budi untuk memahami sesuatu. Sedagkan Diri berarti bagian-bagian dari individu yang terpisah dari yang lain. Sehingga Konsep Diri dapat diartikan sebagai gambaran seseorang mengenai dirinya sendiri atau penilaian terhadap dirinya sendiri.

Banyak pakar yang telah memberikan pehaman mengenai konsep diri, seperti Shavelson, Hubner, & Stanton (1976) menyatakan bahwa konsep diri merupakan persepsi seseorang terhadap dirinya sendiri, dimana persepsi ini dibentuk melalui pengalaman dan interprestasi seseorang terhadap dirinya sendiri. selanjutnya, Marsh (1990) juga menambahkan bahwasanya konsep diri merupakan nilai dari hasil proses pembelajaran yang dilakukan dan dari hasil situasi psikologis yang diterima.

Dari pendapat diatas, penulis mengambil simpulan bahwa konsep diri merupakan sebuah pandangan ataupun persepsi individu mengenai dirinya sendiri yang terbentuk melalui interaksi dengan lingkungan serta berpengaruh terhadap aktivitas kehidupan individu tersebut.

Apa perlunya konsep diri ???
Sebuah pendapat mengatakan bahwa "Barangsiapa mengenal dirinya maka dia akan mengenal Tuhan nya". Dari pendapat tersebut, nampaklah bahwa dengan mengenal ciptaan-Nya maka kita akan tahu Pencipta kita, yang dengan-Nya kita berpikir bahwa kita sebagaimana ciptaan tentulah mempunyai maksud/tujuan diciptakan.
"... Ya Tuhan Kami, tiadalah engkau menciptakan ini dengan sia-sia (tanpa tujuan), maha suci engkau, maka peliharalah kami dari sikasa neraka" (Al-Imran :15).
Memahami konsep diri berarti memahami maksud dan tujuan kita di kehidupan ini, sehingga kita sebagai manusia dapat betul menjadi manusia yang sesuai dengan kehendak Ilahi dalam teologi penciptaan.
Dengan mengenal diri sendiri  kita jadi lebih tahu :
- berbagai potensi yang kita miliki
- berbagai kelemahan yang ada pada diri
- berbagai pemaknaan hidup dengan kenyataan yang terjadi, dan
- berbagai peran kita dalam kehidupan ini,
sehingga, sukses tidak nya seseorang, kita sendirilah yang menentukan, bagaimana anda mengenal diri anda dan bagaimana anda mengkonsep diri anda sesuai dengan konsep Pencipta Anda.
"Dan Tidak lah ku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada ku" (QS. Az-Zariayat:56)
Siapa Aku ???
Charles Darwin Mengungkapkan : "Aku (manusia) adalah hasil evolusi dari makhluk bersel satu, yang mana rantai terdekat dari evolosi manusia adalah kera"
Thomas Hobbes mengungkapkan : "Aku (Manusia) adalah serigala bagi yang lain"
Aristoteles mengungkapkan : "Aku (Manusia) adalah makhluk berpolitik"
Islam : "Makhluk yang diciptakan Allah dalam bentuk yang sebaik-baiknya (QS. At Tin:4)
Dari pendapat diatas, itulah pemaknaan mereka terhadap dirinya sebagai manusia, sebagaimana anda memaknai diri anda,. SIAPA AKU???
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa yang ada pada diri mereka" (QS. Ar-Rad:13)
Konsep Kehidupan, hanya ada dua zona yakni "Baik dan Buruk", apabila anda tidak berada pada kebaikan tentulah anda berada di keburukan, dan begitupun sebaliknya, jika anda tidak berada pada keburukan, maka tentulah anda berada pada kebaikan. Olehnya itu tak ada yang  menengah atau setengah-setengah, karena sesuatu yang setengah-setengah itu adalah keraguan / ke sia-sia an, dan tentunta itu adalah keburukan.
Jadi, Sekarang anda berada pada Zona mana ???

Konsep Diri, tentang bagaimana anda untuk selalu berpikir positif/baik. mengkonsep diri anda untuk selalu berpikir positif sehingga perbuatan yang anda lakukan pun akan berada pada sisi kebaikan. "Berpikir Positif membuahkan Tindakan Positif".
Ingatlah ....
"Sesungguhnya Allah berfirman: "Aku sebagaimana prasangka hambaku kepada-Ku. Aku bersamanya jika ia berdoa kepada-Ku."[HR.Turmudzi]
(Refrn. Dari suatu pengkajian yang penulis bawakan pada salah satu pengaderan)

________________________________________ 
Komentar anda membuktikan diri anda ADA !!! 
billahi fii sabiilil haq, fastabiqul khaerat. Syukron Katsiran...
Reactions:

0 comments:

Post a Comment